Dinas Fasilitas dan Konstruksi Angkatan Udara *

Lanud Margahayu (1951)

Jumat, 06 September 2019 10:33

Setelah Jepang kalah dalam perang dunia kedua otomatis pangkalan udara Margahayu pun terbengkalai tidak terawat. AURI yang telah berhasil mengoperasikan Pangkalan Angkatan Udara Andir di kota Bandung kemudian berupaya pula mengoperasikan kembali detak jantung pangkalan udara Margahayu. Letnan Drajat, kepala teknik umum pangkalan udara Margahayu, sebagai pelaksana pimpinan proyek Margahayu dibantu oleh R. Didi Permana mantan petugas pembangunan pangkalan udara di Margahayu di zaman Jepang. Langkah pertama yang dikerjakan adalah membuat jalan dari satu tempat yang kemudian disebut pos I ke kampung Cimariuk. Kemudian memanfaatkan dan menata kembali fasilitas yang masih bisa digunakan, membangun staf pangkalan, gedung seng (site 2), perumahan di blok B, C, D dan Cimariuk.

Landasannya sementara cukup landasan rumput yang diperkeras kelak bisa diganti dengan aspal namun mempunyai segala kelengkapan untuk melatih teknisi AURI. Anggaran yang dibutuhkan sebesar 52 juta rupiah yang dananya diambil langsung oleh mayor A.R Soehoed dari Departemen Pertahanan di Jalan Merdeka Barat di Jakarta oleh Sekertaris Jendral Ali Budiarjo.

Ketika pembangunan pangkalan udara Margahayu dimulai, Gubernur Jawa Barat Sanusi Harjadinata sempat meninjau dari udara dengan menggunakan helikopter. Mulai dari landasan, hanggar hingga perumahan dibangun dengan penuh perhitungan. Rencana jangka panjang pangkalan ini dapat menggantikan pangkalan udara Andir. Mengingat kelemahan pangkalan udara Andir yang sangat sulit didarati dari arah barat apabila cuaca buruk, karena terdapat sebuah gunung Bohong di barat Cimahi yang tidak kelihatan ketika hujan, sehingga pesawat harus mengitari kota Bandung agar dapat masuk dari timur. Sedangkan pangkalan Margahayu dapat di aproach dari Timur maupun Barat.

Read 681 times
Rate this item
(0 votes)

199 comments

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.