Dinas Fasilitas dan Konstruksi Angkatan Udara *

Benteng Dirgantara Angkatan Udara

Segala puji dan syukur kita tujukan ke hadirat Allah Swt, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas perkenanNya kita semua masih diberi kekuatan lahir dan batin sehingga mampu melanjutkan pengabdian kita kepada Sang Khalik, sebagai hamba dan ciptaanNya. Salah satu wujud penghambaan kita di antaranya adalah dengan melaksanakan tugas yang diembankan kepada kita sebagai warga TNI AU umumnya dan jajaran Dinas Fasilitas dan Konstruksi TNI AU (Disfaskonau) serta personel Teknik Umum pada khususnya.

Atas dasar itu, saya menyambut baik upaya dan prakarsa penulisan buku berjudul “Benteng Dirgantara Angkatan Udara --- Napak Tilas Pengabdian Teknik Umum Sejak Pembentukan Djawatan Teknik Umum Tahun 1950 Hingga Menjadi Disfaskonau dan Wacana Pengembangan Organisasi di Masa Depan”, oleh tim penyusun yang dipimpin oleh Kadisfaskonau, Marsekal Pertama TNI Ir. Muchtar Mawardi, M.M.

Sebagaimana laporan yang saya terima dari Kadisfaskonau, bahwa buku ini ditulis dan didedikasikan sebagai “kado” untuk memaknai karya-karya para pendahulu Teknik Umum dari awal pengabdiannya hingga sekarang, dan sebagai referensi sejarah bagi generasi penerus Teknik Umum agar termotivasi untuk berkarya tak kenal lelah demi kejayaan TNI Angkatan Udara. Sungguh niat yang patut kita apresiasi dan acungi jempol.

Keberadaan buku ini sangat penting karena memuat informasi penting dengan pendekatan historis yang berhubungan dengan sejarah perkembangan Teknik Umum dari masa ke masa. Setidaknya ada dua alasan yang menyertainya. Pertama, sebagai “dokumen” yang tidak akan pernah usang seiring perjalanan waktu, dimana makin tua akan semakin dicari kelak di kemudian hari. Kedua, sebagai referensi untuk kebutuhan materi penulisan apapun terutama yang terkait dengan pengabdian Teknik Umum. Point terpenting dari buku ini adalah untuk menandai diresmikannya fasilitas dan sarana prasarana kesatrian Satuan Pemeliharaan Pangkalan (Satharalan) dan Skadron Pendidikan Teknik Umum yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan personel Teknik Umum sehingga memiliki kemampuan prajurit yang profesional, militan dan inovatif.

Akhirnya, sekali lagi saya ucapkan selamat dan apresiasi atas terbitnya buku ini. Semoga penulisan dan penerbitan buku ini bisa ditiru oleh satuan-satuan lain utamanya di jajaran TNI AU, dan last but not least buku ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan bimbingan dan perlindunganNya kepada kita dalam pengabdian kepada Nusa dan Bangsa melalui TNI Angkatan Udara yang kita cintai bersama. Sekian.

Kepala Staf Angkatan Udara,

 

Yuyu Sutisna, S.E., M.M

Marsekal TNI