Dinas Fasilitas dan Konstruksi Angkatan Udara *

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima ABRI No. Kep/09/VII/1997 tanggal 7 Juli 1997 tentang perubahan Direktorat Fasilitas dan Bekal TNI AU (Ditfasbekau) menjadi Dinas Fasilitas dan Konstruksi TNI AU (Disfaskonau). Perubahan ini mengarah kepada hal yang positif, di mana pada periode ini Teknik Umum kembali berada dalam satu wadah organisasi mandiri setelah mengalami pasang surut sejak pembentukan Djawatan Teknik Umum pada tahun 1950. 

Bila di era organisasi Ditfasbekau, bidang Teknik Umum hanya membawahi dua Subdis, yaitu Subdis Banglan dan Subdis Binsiaplan, maka dalam organisasi Disfaskonau sebagaimana tercantum dalam Keputusan Kasau Nomor: Kep/13/XI/2002 tentang Susunan Jabatan di Lingkungan TNI Angkatan Udara tanggal 12 November 2002, pada point DD. Disfaskonau telah dilakukan pengembangan tugas dan fungsi Teknik Umum, terdiri dari empat subdis, yaitu Subdinas Perancangan Konstruksi (Subdisrankon), Subdinas Administrasi Konstruksi (Subdisminkon), Subdinas Pengendali Konstruksi (Subdisdalkon), Subdinas Pembinaan Barang Tak Bergerak (SubdisbinBTB) dan Satuan Pemeliharaan Pangkalan (Satharlan).

Dalam perkembangannya hingga saat ini Disfaskonau telah mengalami tiga kali penyempurnaan Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur (POP) Disfaskonau, yaitu POP Disfaskonau tahun 2004, POP Disfaskonau tahun 2008 dan Tugas dan Organisasi Disfaskonau tahun 2018. 

Kategori