Dinas Fasilitas dan Konstruksi Angkatan Udara *

Ir. Noer Arifin (2010-2012)

Pada tahun 2010 kembali dilaksanakan serah terima jabatan Kadisfaskonau dari Marsekal Pertama TNI Mulyono kepada Marsekal Pertama TNI Ir. Noer Arifin. Beliau merupakan Kadisfaskonau ke-8 dan Perwira kedua dari Korps Sus/Teknik Umum yang memperoleh kepercayaan sebagai Kadisfaskonau dari tahun 2010 sampai tahun 2012. Setelah purna tugas dari TNI Angkatan Udara, beliau menetap di Komplek Bulog II Jl. Yanatera V no 5 Jati Melati Pondok Melati Bekasi.

Prestasi yang pernah ditorehkan oleh Marsekal Pertama TNI Ir. Noer Arifin selama menjabat sebagai Kadisfaskonau dari tahun 2010-2012, di antaranya adalah disahkannya legalitas penggunaan Wing Teknik Umum sebagai brevet profesi Teknik Umum oleh Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat. Perjuangan untuk mendapat pengakuan terhadap Wing Teknik Umum tidaklah mudah, berbagai hambatan dan kendala harus dihadapi untuk meyakinkan pimpinan TNI Angkatan Udara mengenai pentingnya keberadaan Wing Teknik Umum.

Beliau berupaya meyakinkan bahwa dengan adanya Wing Teknik Umum akan meningkatkan motivasi dan semangat kerja personel Teknik Umum serta menunjukkan kebanggaan profesi bidang fasilitas dan konstruksi TNI Angkatan Udara. Upaya beliau yang tak kenal lelah, akhirnya berbuah manis. Wing Teknik Umum menjadi langkah awal untuk mewujudkan eksistensi dan profesionalisme Teknik Umum.

Dalam mewujudkan idenya, beliau dibantu oleh Almarhum Mayor Sus Bayu Sugiarta, ST. Sosok Mayor Bayu tenang dan low profile, mencerminkan filofosi hidup “Sepi ing pamrih, rame ing gawe.” Mayor Bayu sangat gigih dan tak kenal lelah berupaya memperjuangkan pengakuan terhadap Wing Teknik Umum dan Mars Teknik Umum pada era Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat.

Terobosan lainnya adalah menganugerahkan tanda Kehormatan Wing Fasilitas dan Konstruksi TNI Angkatan Udara kepada para purnawirawan Korps Sus/Teknik Umum, atas jasa dan peran sertanya dalam mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme bidang konstruksi di lingkungan TNI AU selama masa dinas. Penyematan Wing Kehormatan Faskon dilaksanakan pada bulan November 2012 terhadap para senior dan sesepuh Korps Teknik Umum, yakni Mayor Udara (Purn) A.R. Soehoed; Marsma TNI (Purn) Ir. Rudy M. Nur, MM; Marsma TNI Ir. Agus Purnomo Wulan; Kolonel (Purn) Ir. Hasan Maulana, MM; Kolonel (Purn) Ir. A. Slamet Rahardjo; Kolonel (Purn) Ir. Abu Bakar; Kolonel (Purn) Sudjarwoto BE (Kasudbit Binsiaplan Dirfasbekau); Kolonel Sus (Purn) Ir. Abd Nasser Ras, MM; Kolonel Sus (Purn) Ir. Daeng Mubtadi, MM; Letnan Kolonel (Purn) Ir. Naiman Rais, MM; Letnan Kolonel (Purn) Ir. Imam Suyuti; Letkol Tum (Purn) Ir. Winarno; Mayor (Purn) Herman Kusuma; dan Mayor (Purn) Soewarno.

Terobosan lainnya yang dilakukan oleh Kadisfaskonau ke-8 Marsekal Pertama TNI Ir. Noer Arifin adalah tetap mempertahankan program umroh/ziarah religi bagi anggota Disfaskonau yang telah dirintis pada masa Kadisfaskonau ke-7 Marsekal Pertama TNI Mulyono. Melalui program umroh/ziarah religi, semangat ibadah anggota Disfaskonau meningkat dan anggota yang belum beruntung tetap punya harapan tahun berikutnya terpilih dalam program tersebut. Beliau juga meneruskan tradisi menjaga tali silaturrahmi dengan para sesepuh Teknik Umum yang sudah dirintis oleh Kadisfaskonau ke-6 Marsekal Pertama TNI Ir. Rudy M. Nur, MM.

Read 128 times
Rate this item
(1 Vote)