Dinas Fasilitas dan Konstruksi Angkatan Udara *

Ir. Mukhtar Lutfi, MM (2012-2014)

Pada tanggal 22 Oktober 2012 dilaksanakan serah terima jabatan Kadisfaskonau dari Marsekal Pertama TNI Ir. Noer Arifin kepada Kolonel Sus Ir. Mukhtar Lutfi, M.M, beliau merupakan Kadisfaskonau ke-9 sekaligus Perwira ketiga dari Korps Sus/Teknik Umum yang memperoleh amanah sebagai Kadisfaskonau dari tahun 2012 sampai tahun 2014. Sebelum menjabat sebagai Kadisfaskonau, beliau menjabat sebagai Sesdisfaskonau selama empat tahun. Setelah purna tugas dari dinas di TNI Angkatan Udara, beliau bertempat tinggal di Jl. Sigma No 18 Jatimakmur Pondok Gede Bekasi, Jawa Barat.

Prestasi yang ditorehkan oleh Marsekal Pertama TNI Ir. Mukhtar Lutfi saat menjabat sebagai Kadisfaskonau dari tahun 2012-2014, di antaranya adalah mulai merintis penyusunan buku Petunjuk Teknis bidang Teknik Umum di lingkungan Disfaskonau. Buku Petunjuk Teknis yang sudah pernah disusun adalah Standarisasi Bangunan Rumah Dinas, Mess dan Barak di Jajaran TNI Angkatan Udara. Diharapkan pada tahun-tahun berikutnya akan semakin banyak produk-produk Buku Petunjuk Teknis yang dihasilkan oleh Disfaskonau untuk memenuhi kebutuhan pembinaan teknis di lingkungan Teknik Umum dan satuan bawah di tingkat Kotama maupun pangkalan udara.

Terobosan yang beliau lakukan adalah mengusulkan pembentukan Kafaskon di tingkat Kotama. Usulan pembentukan Kafaskonau dimaksudkan agar pelaksanaan kegiatan pengembangan fasilitas yang rutin dilaksanakan setiap tahun dapat dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku, dengan tujuan menjadi masukan bagi pimpinan TNI Angkatan Udara dalam menentukan kebijakan bidang konstruksi di masa mendatang. Upaya beliau membuahkan hasil dengan terbentuknya Kafaskon di tingkat Koharmatau sehingga pelaksanaan proyek-proyek pengembangan fasilitas di tingkat Koharmatau sesuai dengan kententuan dan peraturan yang berlaku dilingkungan TNI Angkatan Udara.

Terobosan lainnya adalah menganugerahkan penghargaan kepada 25 orang Mitra atas dedikasi di bidang Konstruksi TNI Angkatan Udara. Beliau juga meneruskan program umroh/ziarah religi bagi anggota Disfaskonau yang diadakan setiap tahun dan beberapa kali mengadakan olahraga bersama keluarga besar Disfaskonau di Satharlan untuk memupuk keakraban dan silaturrahmi antar sesama anggota Disfaskonau.

Read 294 times
Rate this item
(1 Vote)